Nasib Pembangunan Pusat Data Nasional usai Pembobolan PDNS

Nasib Pembangunan Pusat Data Nasional usai Pembobolan PDNS

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria memastikan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, tidak terpengaruh insiden serangan siber di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.

“Tidak ada dampak, PDN terus berjalan pembangunannya, ini kan PDNS. Tapi ini jadi lesson learn buat kita, kita akan evaluasi security system dan segala macamnya,” kata dia, di Jakarta, Senin (24/6) dikutip dari Antara.

Sejak Kamis (20/6), PDNS 2 mengalami gangguan akibat serangan siber modus ransomware yang dilakukan oleh Lockbit 3.0. Efeknya melanda 210 instansi pusat dan daerah, termasuk layanan imigrasi.

Belakangan, sejumlah layanan publik mulai beroperasi normal.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian memastikan PDN yang saat ini dibangun oleh Pemerintah tidak terdampak gangguan serangan siber di PDNS 2.

Meski begitu, insiden serangan siber ini menjadi pembelajaran untuk pengelolaan pusat data dan para pemilik data di Indonesia.

“Ini perlu diketahui sebagai cara untuk mengantisipasi hal serupa di tempat-tempat lain dan kami bisa sampaikan ke instansi dan tempat-tempat lain. ini juga sekaligus jadi lesson learn bagi kita memitigasi kemungkinan bisa terjadi. Ini pentingnya. Ini sedang berproses dan kita sudah mengetahui jenis serangan ini,” kata Hinsa, di kantor Kominfo.

 

Hingga Selasa (6/2), PDN Cikarang telah mencapai tiga perkembangan. Pertama, penyediaan bahan yang disediakan baik dari dalam negeri maupun luar negeri saat ini sudah mencapai 29,43 persen.

Kedua, proses perancangan desain sudah mencapai 73,53 persen. Ketiga, jasa instalasi sudah mencapai 33,15 persen.

PDN Cikarang didirikan dengan skema G-to-G financing, dengan bantuan dari Pemerintah Prancis dengan pendanaan sebesar 164.679.680 Euro atau setara Rp2,7 triliun.

Rencananya, PDN Cikarang bakal rampung pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *