Misi Bersejarah Spacewalk Sipil Pertama Sukses, Taipan ke Ruang Hampa

Misi Bersejarah Spacewalk Sipil Pertama Sukses, Taipan ke Ruang Hampa

Spacewalk sipil pertama berjalan sukses dalam misi Polaris Dawn yang sekaligus menguji coba pakaian antariksa ramping yang dirancang oleh SpaceX.

Miliarder Jared Isaacman (41), yang menginisiasi misi Polaris Dawn, keluar dari kapsul antariksa dan mengintip ruang hampa udara pada Kamis (12/9) pukul 17.52 WIB. Isaacman keluar dari kapsul tersebut saat berada di ketinggian 700 kilometer di atas Bumi dan mengorbit dengan kecepatan hampir 30 ribu km/jam.

“Ketika kembali ke rumah, kita semua memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Tetapi dari sini Bumi benar-benar terlihat seperti dunia yang sempurna,” kata pecinta antariksa berusia 41 tahun tersebut sambil berdiri di atas tangga dan melihat ke bawah ke permukaan Bumi.

Isaacman tak sendirian dalam misi tersebut. Ia ditemani Sarah Gillis, seorang insinyur senior di SpaceX yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengerjakan misi-misi antariksa dari Bumi.

Di ruang hampa, Gillis (30) menguji coba gerakan untuk menilai pakaian SpaceX yang baru, yang berukuran jauh lebih kecil daripada peralatan NASA.

Untuk mempersiapkan uji coba tersebut, kapsul Crew Dragon mengalami penurunan tekanan udara. Artinya, seluruh kru mengandalkan pakaian antariksa untuk mendapatkan oksigen dan tekanan, termasuk dua kru lain yang berada di dalam pesawat antariksa tersebut.

Dikutip dari The Guardian, sejauh ini hanya lembaga pemerintah yang didanai dengan baik yang berhasil melakukan perjalanan antariksa, yang dikenal sebagai EVA (aktivitas luar angkasa).

Sebagian besar aktivitas luar angkasa dilakukan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan stasiun luar angkasa Tiangong milik China.

Kini, perusahaan-perusahaan swasta secara bertahap mengambil alih misi terkait penerbangan luar angkasa. Hal ini karena pemerintah, khususnya Amerika Serikat, berusaha membelanjakan pendapatan pajak di tempat lain.

NASA bahkan telah mengontrak SpaceX untuk mendaratkan astronaut, termasuk perempuan pertama, di Bulan pada dekade ini.

Kepala NASA Bill Nelson menyebut keberhasilan penerbangan antariksa pada Kamis (12/9) sebagai lompatan besar ke depan untuk industri ruang angkasa komersial.

Sebagai informasi, misi Polaris Dawn merupakan misi kedua yang didanai oleh Isaacman. Dia menolak untuk menyebutkan investasi yang dia keluarkan, tetapi misi ini diperkirakan menelan biaya ratusan juta dolar.

Pada 2021, pilot yang kini menjadi astronaut terlatih ini, terbang dalam misi Inspiration4. Misi tersebut merupakan penerbangan antariksa orbital pertama yang dilakukan oleh kru yang semuanya warga sipil.

Misi tersebut juga menyertakan seorang penyintas kanker dan seorang insinyur data yang mendapatkan kursi mereka lewat sebuah undian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *